Friday, January 16, 2015

Jokowi dan Kontroversi

8:56 AM By PKS Pamulang , , No comments

Pemerintahan baru dibawah kepemimpinan jokowi ini telah mengambil beberapa kebijakan-kebijakan. Namun sayangnya beberapa kebijakan tersebut banyak menimbulkan kontroversi bahkan gejolak di masyarakat. Saya mencatat ada beberapa langkah jokowi yang menurut saya penuh kontroversi.

Pertama yaitu saat ia melantik Ahok menjadi Gubernur DKI, letak kontroversinya adalah ketika mendagri keluarkan surat pelantikan Ahok sebagai gubernur, padahal dasar hukum Ahok jadi gubernur masih menunggu fatwa Mahkamah Agung, demikian saya kutip penjelasan tersebut sebagaimana disampaikan oleh Fahri Hamzah di media elektronik.
Unjuk rasapun merebak di jantung ibukota, termasuk yang paling rajin turun kejalan yakni dari FPI. Beberapa kali massa FPI turun kejalan beserta Ormas lainya menyuarakan tolak Ahok sebagai gubernur. Mereka menganggap bahwa Ahok tidak pantas memimpin Jakarta disebabkan karena beberapa kali kebijakan yang diambilnya menyinggung umat islam.

Kontroversi Kedua, menaikkan harga BBM bersubsidi ketika harga minyak dunia turun. Itulah yang dilakukan pemerintahan jokowi saat ini. Ketika masyarakat dunia menikmati turunya harga BBM, jokowi justru malah menaikkanya. Malaysia menurunkan harga BBM, Amerikapun begitu juga.
Seperti diketahui jokowi secara resmi menaikkan harga premium dari Rp.6.500 menjadi Rp.8.500 per liter. Sementara solar dari Rp.5.500 menjadi Rp.7.500 per liter. Kebijakan ini mendapat reaksi keras dari para mahasiswa di penjuru negri dengan aksi turun ke jalan dan beberapa diantaranya berujung kerusuhan. Dampak yang paling nyata dirasakan masyarakat adalah dengan melambungnya harga-harga dan tentu hal ini semakin menyengsarakan kehidupan masyarakat trutama menengah kebawah, alih-alih memperbaiki ekonomi wong cilik pada kenyataanya malah semakin membenamkannya kedalam jurang kemiskinan. Setelah BBM naik, kado tahun baru dari jokowi untuk rakyatnya terasa pahit yaitu berupa kenaikan tarif dasar listrik, terhitung per 1 januari 2015. Makin lengkaplah kesengsaraan rakyat indonesia ini.

Dan paling anyar yaitu jokowi menetapkan calon tunggal kapolri,Budi Gunawan. Menjadi kontroversi sebab belakangan yang bersangkutan menjadi tersangka karena tersandung kasus dugaan rekening gendut oleh KPK...

Entah kontroversi-kontroversi apa lagi yg akan dimunculkan pemerintahan jokowi, kita tunggu saja kisah-kisah selanjutnya...

Wallohu a'lam bish-showabi

Abu ja’la (ma’qil) bin jasar r.a berkata: saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda: tiada seorang yang diamanati oleh Allah memimpin rakyat kemudian ketika ia mati ia masih menipu rakyatnya, melainkan pasti Allah mengharamkan baginya surga. (Bukhori, Muslim)

Aisyah r.a berkata : saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda di rumahku ini : ya Allah siapa yang menguasai sesuatu dari urusan umatku, lalu mempersukar pada mereka, maka persukarlah baginya. Dan siapa yang mengurusi umatku lalu berlemah lembut pada mereka, maka permudahlah baginya. (hr. Muslim)

Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya manusia yang paling dicintai Allah pada hari kiamat dan yang paling dekat kedudukannya di sisi Allah adalah seorang pemimpin yang adil. Sedangkan orang yang paling dibenci Allah dan sangat jauh dari Allah adalah seorang pemimpin yang zalim. (hr. Turmudzi).

(rag/rag)

0 comments:

Post a Comment