Wednesday, December 4, 2013

KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup

3:54 PM By PKS Pamulang No comments

SERPONG – Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bakal berlaku seumur hidup. Ini setelah Rapat Paripurna DPR RI yang digelar Selasa (26/11) mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (Asminduk).

Dalam aturan baru itu menjelaskan tentang masa berlaku e-KTP yang seumur hidup. Adapun pelaksanaannya akan dimulai tahun depan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pecacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Toto Sudarto menerangkan, walau pun e-KTP mulai berlaku seumur hidup, namun tata pelaksanaannya belum diinformasikan secara mendetail.

Meski belum punya petunjuk pelaksanaan, Toto memastikan tidak akan banyak berubah antara e-KTP yang berlaku saat ini dengan e-KTP yang bakal berlaku seumur hidup.

“Secara fisik, bentuk e-KTP seumur hidup dengan yang saat ini tetap sama. Bagi yang telah memiliki KTP Tangsel, NIK nantinya juga akan tetap sama,” katanya.

Ia mencontohkan, warga Tangsel yang pindah kependudukan ke wilayah lain tetap menggunakan NIK Kota Tangsel. Yang dirubah hanya status kependudukannya saja.

DENDA PUNGLI KTP, KK, dan AKTA KELAHIRAN

Dalam Undang-undang ini juga disebutkan, pejabat desa, kelurahan, kecamatan hingga dinas, yang memungut uang untuk pengurusan KTP, KK dan akta kelahiran akan dihukum berat. Hukumannya, bisa didenda hingga Rp75 juta dan pidana penjara hingga 6 tahun.

Hal ini karena, mulai tahun depan pembuatan KTP, KK dan Akta Kelahiran tidak dipungut biaya.***

Sumber : Radar Banten & Tangerang Ekspres/ Rabu, 4 Desember 2013

0 comments:

Post a Comment