Wednesday, June 19, 2013

SURVEY LPPM : RIDO BERPELUANG MENANG SATU PUTARAN

5:37 AM By PKS Pamulang , No comments

Ridwan Kamil
Oded M Danial
BANDUNG -- Pasangan Calon Wali Kota Bandung dari PKS dan Gerindra, Ridwan Kamil - Oded M Danial (Rido) berpeluang memenangkan Pilkada satu putaran berdasarkan survey terakhir yang rilis Pusat Penelitian Kebijakan Publik dan Kewilayahan LPPM Universitas Padjadjaran Bandung, Selasa. 

"Berdasarkan survey yang kami lakukan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil - Oded M Danial tertinggi 30,4 persen, ada peluang Pilkada Kota Bandung satu putaran," kata Kepala Puslitbang Kebijakan Publik dan Kewilayahan LPPM Unpad, Dede Mariana. 

Hasil survey yang dilakukan pada 4-9 juni 2013, kata Dede Mariana menunjukan elektabilitas pasangan Ayi Vivananda - Nani Suryani 26,7 persen, Edi Siswadi - Erwan Setiawan (19,1 persen), MQ Iswara - Asep Deddy Ruyadi 6,9 persen.

Elektabilitas empat pasangan lainnya Bambang Setiadi - Alex Tahsin (1,6 peren) Budi Setiawan - Rizal Firdaus 1,5 persen, Wahyudin - Toni Aprilani 1,1 persen dan Wawan Dewanta - HM Sayogo 0,4 persen.

"Survey dilakukan di 24 kecamatan dan 100 kelurahan, penentuan RT dan RW dilakukan secara random. Calon responden warga berusia 17 tahun ke atas dan di bawah 17 tahun namun telah menikah dan merupakan calon pemilih tetap Pilkada KOta Bandung 2013," kata Dede Mariana. 

Jumlah kuisioner yang masuk 1.730 dan jumlah kuisioner yang diolah 1.699. 

Dede menyebutkan faktor Ridwan Kamil cukup besar bagi pasangan nomor urut empat itu sehingga dukungan kedua partai PKS dan Gerindra yang 15,4 persen namun hasil survei bisa menempatkan elektabilitas 30,4 persen.

"Ada faktor Ridwan Kamil 15,0 persen," katanya.

Sementara itu survey itu juga menunjukan peluang pasangan Rido menang ada di 24 kecamatan di Kota Bandung.

 
Sementara itu berdasarkan survey itu, juga menunjukan potensi partisipasi masyarakat pada Pilkada Kota Bandung sekitar 80 persen atau cukup tinggi.

"Sekitar 80 persen responden mengetahui Pilkada Kota Bandung 2013 yang akan digelar 23 Juni 2013. Gencarnya sosialisasi yang dilakukan KPU dan pemberitaan di media massa memberikan andil bagi tingkat partisipasi," kata Dede Mariana menambahkan.


*ANTARAjawabarat

0 comments:

Post a Comment