Wednesday, June 19, 2013

Ridwan Kamil – Oded M Danial Luar Biasa !

5:20 AM By PKS Pamulang , No comments

Kombinasi Ridwan Kamil – Oded M Danial yang dari awal di prediksi akan menjadi kuda hitam ternyata memang luar biasa! Sementara pasangan Iswara-Asep yang pada saat awal juga diprediksi bisa mempercundangi Ayi-Nani dan Edi-Erwan, ternyata tingkat elektabilitasnya tidak banyak bergerak signifikan.
rido ayi nani
Masing-masing Ridwan Kamil dan Oded M Danial memang memiliki segmen sendiri-sendiri dan saling mendukung. Mesin partai pendukung pasangan ini (khususnya PKS), sangat jelas terlihat efektif membombardir warga Kota Bandung via direct selling door to door, sejauh ini total 500.000 rumah sudah terkunjungi. Ini salah satu sisi positif dari partai kader, walau sedang disikat kiri-kanan atas-bawah, kader-kadernya tetap militan. Ridwan Kamil sendiri dengan sentuhan tim kreatifnya, berhasil menggasak segmen pemilih muda, berkebalikan dengan Ayi-Nani yang mayoritas didukung oleh umur 40 tahun ke atas.
Disisi lain, pasangan Edi Sis-Erwan yang sampai 2,5 bulan lalu masih berjaya di puncak klasemen sementara, perlahan tapi pasti tingkat elektabilitasnya tergerus signifikan. Hal ini diduga akibat jeratan kasus korupsi bansos yang kini sedang disidik KPK. Edi Sis bolak-balik diperiksa penyidik dan menjadi headline di surat kabar, ini mempengaruhi persepsi publik terhadap calon yang terindikasi korupsi.
Posisi survey dari empat lembaga per awal Juni sudah menunjukkan persaingan ketat antara RIDO dan Ayi-Nani, dan persaingan ini masih terjadi di dalam batas margin error. Artinya, kedua psangan ini akan bertarung ketat dalam memenangkan pilwakot tanggal 23 Juni nanti. Peluang apakah pilkada akan berlangsung dalam satu putaran atau dua putaran juga masih 50:50 peluangnya lantaran perolehan suara survey kedaua pasangan tadi masih dibawah 30%. Jika suara swing voters dibuang maka dua lembaga survey menunjukkan pilkada akan berlangsung satu putaran. Namun jika batas margin bawah yang digunakan maka pilkada mungkin berlangsung dua putaran.
Tampaknya akan lebih mengesankan jika pasangan RIDO yang menang. Sejarah baru bahwa ada alumni ITB yg akhirnya jadi walikota di kandang sendiri (Kota Bandung). Juga pertama kalinya Kota Bandung akan dipimpin oleh walikota yang profesional, muda, dan kreatif.
Bagaimana kabar empat pasangan calon lainnya yang mencalonkan via jalur independen? Mohon maaf, tampaknya mereka belum beruntung, tapi tidak mengapa, itung-itung meramaikan dinamika demokrasi. Barangkali kalau Ridwan Kamil dulu memutuskan maju sebagai calon independen, perolehan suaranya juga tidak akan sebanyak saat ini. Fenomena ini menunjukkan peran mesin partai masih tetap dibutuhkan di perpolitikan Indonesia.
INSTRAT sendiri akan menutup serial survey Kota Bandung pada minggu depan dan sekaligus berencana akan me-release hasil-hasilnya kepada publik dihari terakhir masa kampanye. Siapapun yang terpilih, semoga kota Bandung menjadi lebih baik!

0 comments:

Post a Comment