Friday, January 14, 2011

Warga dan Relawan PKS Bersihkan Saluran Irigasi

10:33 AM By PKS Pamulang , , 1 comment

Magelang - Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari ini cenderung menurun. Hal ini menumbuhkan semangat warga Dusun Pasekan, Desa Gondowangi, Sawangan, Magelang untuk kembali melakukan aktivitas. Namun harapan bisa mengolah lahan pertanian dan perikanan terkendala oleh saluran irigasi yang tertimbun material pasir dan batu setinggi 2,5 meter sepanjang 400 meter. Saluran irigasi ini juga mengairi sekitar 931, 20 hektar lahan pertanian di Desa Bojong, Desa Mungkid, Desa Rambeanak, Desa Pabelan, Desa Paremono, dan Desa Saragan Mendut.
Minggu pagi (28/11) jam 06.30 pagi kegiatan kerja bakti dimulai. Dari unsur TNI melibatkan Armed III, Armed XI Kostrad, Kodim 0705 Magelang, dan Marinir. Semua anggota TNI berjumlah 150 personel. Warga yang berasal dari berbagai desa hampir 1000 orang. Sedangkan relawan PKS berjumlah 150 orang.
“Alhamdulliah kegiatan ini berjalan lancar. Warga bekerja dengan senang karena mendapat bantuan tenaga dan moral baik dari TNI maupun relawan PKS’, kata Pak Jumar (kepala Dusun Pasekan).
Kegiatan ini merupakan hasil koordinasi antara pihak Dusun Pasekan dengan Korlap P2B-PKS Kab Magelang (Hermanto), Kepala Desa Gondowangi Arif Indra Gunawan, SE, Danramil 12 Sawangan (Kapten Purwadi), Danramil 13 Mungkid (Kapten Nurudin).
Kapten Purwadi mengatakan pada wartawan bahwa kegiatan ini sebagai upaya penanggulangan bencana dan bahaya kekurangan pangan. Dengan irigasi lancar mereka bisa bercocok tanam kembali, menebar benih ikan sehingga ekonomi bisa pulih pasca bencana Merapi ini. Hal ini sesuai dengan harapan Mulyono, warga Gunung Lemah Sawangan, yang mengaku bergembira karena besok bisa bercocok tanam kembali setelah aliran sungainya lancar.

Yanur Wibowo, Amd. 
Humas Posko PKS Kab. Magelang

1 comments:

Post a Comment